Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Archive for the tag “melamar kerja”

Melamar Kerja atau Usaha?


Apa yang ada di dalam pikiran kita saat pertama kali lulus kuliah? hampir sebagian besar akan menjawab melamar kerja. Sedikit yang akan menjawab mau berwirausaha atau bahkan mau melamar nikah hehe. Sama halnya dengan saya dulu, saat pertama kali lulus kuliah ya kerjaannya melamar kerja sana sini. Tidak ada sedikitpun dalam pikiran saya untuk berwirausaha atau menciptakan usaha. Apalagi mencoba berdagang.

Pertanyaannya adalah kenapa kok saya dan mungkin sebagian orang berpikir bahwa setelah lulus sekolah harus bekerja dan menjadi karyawan. Kenapa saya tidak mencoba berpikir kreatif? saya kira jawabannya akan sangat berbeda-beda. Karena memang jalan pertama setelah lulus untuk membebaskan diri dari disebut pengangguran adalah dengan bekerja. Orang kebanyakan melihat orang yang kerja di rumah tidak pergi pagi pulang sore itu dianggapnya adalah pengangguran. Padahal bisa jadi penghasilan mereka justru lebih besar dari yang kantoran. Di sini kebalik, orang yang jadi karyawan terlihat lebih keren dari yang berwirausaha. Padahal orang yang berwirausaha jauh lebih keren menurut saya, sekecil apapun usaha mereka. Mereka adalah tuan bagi dirinya sendiri. Saya selalu salut dengan mereka yang berani mengambil langkah pertama untuk memulai usaha sendiri.

Tidak seperti saya, sudah merintis usaha masih saja belum melepaskan diri dari status karyawan. Alasannya? mencari pasar lebih luas dan butuh lebih banyak keberanian. Butuh niat kuat dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan terjun total di dunia bisnis yang saya rintis sekarang ini. Alasan lain? ngumpulin modal lagi untuk pengembangan yang lebih besar. Padahal namanya usaha harus fokus ya kan, tapi dalam waktu dekat saya ingin total. Alhamdulillah usaha yang satu ini sudah jalan dan saya masih banyak plan dengan suami untuk mencoba yang baru lagi buat coba-coba juga. Beruntung suami saya mau bantu usaha saya, bisa dibilang kita tim yang saling melengkapi hehe.

Dimana ada niat dan kemauan di situ ada jalan, ungkapan lama yang memang benar adanya. Terbukti saya yang awalnya nggak pernah kepikiran untuk mulai usaha, tapi saat ada dorongan kuat dari suami dari iseng-iseng akhirnya malah jatuh cinta beneran hehe. Sampai saya berpikir ternyata bisa juga yah kalau kita mau action, mau memulai dan mengambil langkah pertama. Bukan berarti menjadi karyawan itu tidak lebih baik, karena apapun perannya sebagai karyawan tentu karena tenaga dan pikirannya dibutuhkan dan dihargai.

Jadi melamar kerja atau usaha? jawabannya kembali ke masing-masing orang yang penting bertanggung jawab dan dijalankan dengan amanah dan ikhlas biar berkah. Lalu usaha apa dong yang bagus? kalau kata Alm Bob Sadino ya usaha yang dijalankan. Memang benar sih, tanpa mencoba dijlankan kita tidak akan pernah tahu suatu usaha itu bagus atau tidak, berhasil atau tidak. Saya menulis ini juga untuk memotivasi diri sendiri, biar tetap semangat. Lalu kalau yang tidak mau usaha, yang mau jadi penulis misalnya? boleh banget. Toh jadi penulis juga bukan hanya sekadar pintar menulis bagus tapi juga harus bisa menjadi marketing bagi buku-buku yang dia hasilkan. Terlepas dari tujuan materi atau tidak tetap saja pasti ingin bukunya dibaca banyak orang. Trus kesimpulannya apa? yah saya cuma ingin berbagi saja bahwa ada begitu banyak peluang di luar sana jika kita tidak hanya berpikir selepas kuliah lalu melamar kerja. Agar tidak putus asa atau stress hanya karena tidak dapat kerjaan dan menjadi pengangguran selamanya.

-fitrianelestari-

*menulis ini karena terinspirasi dari para sahabat yang sudah mulai sama-sama membuka usaha πŸ™‚

Post Navigation