Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Surat Kedua [Selamat Dua Tahun, Kila]


wp-1486176400920.jpeg

04 Februari 2017

Assalamualaikum,

Dear Shakila Khairunnisa Nuha,

Ini adalah surat kedua yang mamah tulis untukmu. Seperti janji mamah di surat yang pertama setahun yang lalu bahwa mamah akan menulis surat berikutnya untukmu tepat ditanggal kelahiranmu. Mamah akan menceritakan beberapa kejadian untuk kamu tahu nantinya saat kamu dewasa.

Kila, dua tahun terasa cepat sekali berlalu. Tanpa kami sadari kamu sudah tumbuh menjadi gadis kecil yang lucu. Satu tahun yang lalu kamu baru bisa berjalan tapi sekarang kamu lebih suka berlari meski di dalam rumah sekalipun. Mamah sangat bersyukur kamu tumbuh dan berkembang dengan baik dan normal. Tapi itu tidak membuat kami lalai untuk tetap menjagamu.

Ada beberapa hal yang ingin mamah sampaikan padamu, tentang kelakuanmu yang lucu dan menggemaskan atau tentang hal-hal lain tentangmu. Kamu sudah mulai belajar untuk makan dan memegang sendok sendiri, meski belepotan atau berserakan tapi mamah dan papah mengijinkanmu untuk belajar. Kamupun seringkali ikut kami sholat dan maunya menggunakan mukena sendiri, awalnya kamu tidak bisa diam, jika saat sholat posisi ruku maka kamu akan menarik-narik minta gendong, saat posisi duduk maka kamu akan dengan santainya duduk dipangkuan, saat mau sujud kamu berdiri memperhatikan tepat di tengah sajadah hehe, tapi kami sengaja membiarkanmu selalu ikut kami sholat. Akhirnya lama kelamaan kamu pun bisa mengikuti gerakan sholat kami, sudah ikut berjamaah tanpa mengganggu lagi. Meski tidak sampai selesai karena bisa jadi kamu merasa capek atau bosan, tidak apa-apa karena paling tidak kamu sudah belajar beribadah.

Kamu pun sudah sering ikut-ikutan mengaji seolah-olah seperti sedang membaca Al-Quran dengan Iqro atau Juz Ama meski hanya berupa dengungan atau seperti menggumam, tapi kami semua senang melihatnya. Sering juga kamu pura-pura menelepon mamah atau papah dengan menempelkan benda apapun yang mirip dengan ponsel ke telinga sambil berjalan hilir mudik dan berbicara macam-macam yang entah hanya kamu yang tahu. Bukan hanya itu saja kamu pun sudah suka sekali menyanyi, karena hampir semua lagu anak-anak semasa mamah kecil sudah mamah ajarkan padamu. Kamu juga sudah mulai pura-pura membaca dan menulis meski hanya coret-coretan benang kusut. Bicaramu masih ada beberapa kata yang belum jelas, tapi kosakatamu sudah banyak. Mungkin karena mamah sering membacakanmu dongeng.

Kila, terlepas dari semua yang kamu tiru dan kamu pelajari, mamah dan papah memang ingin mengajarimu dengan memberi kamu contoh nyata agar menjadi pondasi ingatanmu kelak. Itu jugalah alasan kenapa mamah dan papah menjadi lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertingkah laku, agar kamu tidak mendapat contoh yang buruk. Dengan begini kamipun juga sama-sama belajar untuk menjadi orang tua yang baik untukmu. Misalnya saja jika berbuat salah maka harus berbesar hati untuk segera minta maaf, meski mamah yang harus minta maaf ke kamu jika perlu kalau memang mamah yang salah. Maka setiap kali kamu berbuat salah kamu akan mengulurkan tangan mungilmu untuk bersalaman sembari mengucapkan maaf. Mamah berharap semoga apa yang sudah kamu pelajari bisa menjadi pondasi untukmu kelak.

Kila, terima kasih ya sudah membahagiakan mamah dan papah, seperti halnya kami berusaha untuk menjadikanmu balita bahagia, terima kasih sudah memberi warna hidup kami dan selalu membuat kami tertawa. Selamat menjadi balita dua tahun Kila sayang, bertumbuh dan berkembanglah dengan baik dan sehat. Sekali lagi tidak ada perayaan dan kado, hanya ada surat ini dan doa-doa yang tak putus untukmu.

“I Love You, Kila” dan kamupun akan menjawab “fuyuu mamah..” haha hanya mamah yang tahu maksudnya ๐Ÿ˜‰

Peluk Cium dari Mamah

Wassalamualaikum.wr.wb

***—-***

1m1c

Advertisements

Single Post Navigation

7 thoughts on “Surat Kedua [Selamat Dua Tahun, Kila]

  1. Selamat ulang tahun, Shakila. Terus belajar yah sayaaaaang, semoga kapan kapan bisa nemenin Mamah ketemu sama Tante ๐Ÿ˜€
    Hahahahahahaha.

  2. selamat ulang tahun buat Kila ya

  3. kalau anak kecil itu tingkahnya gemesin ya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: