Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Menjalin Silaturahim


silaturahim

Salah satu fenomena lebaran itu adalah reuni dan hala bihalal. Reuni apa saja dari SD sampai kuliah pasti ada deh. Begitu juga dengan halal bihalal, biasanya halal bihalal ada di tempat kerja, atau keluarga besar dari kakek nenek sampai cicit. Inti dari semua itu adalah menjalin silaturahim dan sekaligus menjaga silaturahim yang sudah terjalin.

Seperti biasanya lebaran kemarin diwarnai dengan acara halal bihalal yang sudah menjadi rutinitas tahunan. Halal bihalal biasanya diadakan H+2 lebaran atau yah kondisional menyesuaiakan waktu dan tempat. Kebetulan Halal bihalal dari keluarga suami jatuh pada hari yang sama dengan acara reuni SMP saya dan juga halal bihalal dari keluarga besar saya. Untungnya halal bihalal keluarga besar suami diadakan pagi hari dan acara keluarga besar saya diadakan malam hari. Jadi saya masih bisa menghadiri keduanya, dan reuni terpaksa tidak bisa saya datangi.

Setelah fenomena reuni dan halal bihalal biasanya akan terbentuklah grup2 baru entah di Facebook, Whatsap dan BBM. Benar saja, seminggu setelah lebaran saya diundang grup SMP di BBM, grup keluarga besar saya -lebih tepatnya keluarga besar Mamah saya- di Whatsap dan grup teman2 kuliah di whatsap juga. Sejauh ini oke-oke saja sih untuk menjalin silaturahim dari grup-grup tersebut. Tetapi saya tidak terlalu aktif di grup-grup SMP ataupun kuliah tersebut, saya lebih sering menyimak dan menyapa sesekali. Bukan berarti saya tidak nyaman, justru dengan begitu saya jadi tahu berita apa yang terjadi dengan mereka, mereka yang berhasil, mereka yang sukses, saya sudah ikut senang.

Kalau grup keluarga benar-benar mendekatkan yang selama ini terasa jauh. Namanya keluarga besar pasti sudah berpencar di mana saja di wilayah negri. Bahkan ada saudara yang saya belum pernah bertemu sama sekali, tapi dengan adanya grup di whatsap silaturahim kami terjalin kembali. Sering saya perlihatkan foto-foto yang mereka share di grup, ke mamah saya dan membuat mamah saya tersenyum2 bahagia dapat melihat bagian dari keluarganya yang terpisah pulau. Dengan adanya grup keluarga ini membuat lebih mudah dan cepat mengabarkan segala sesuatu yang terjadi di antara anggota keluarga yang lain. Selain itu juga dalam grup keluarga sering saling sharing tentang ilmu-ilmu agama, yang tidak tahu jadi tahu, yang tahu memberitahu yang lain. Untuk saya pribadi grup ini banyak manfaatnya karena selain untuk menjalin silaturahim kembali antar keluarga, juga menambah ilmu-ilmu yang bermanfaat.

Bagaimana dengan teman-teman semua? tetap menjaga silaturahim juga kan๐Ÿ™‚

 

‘Ne

-gambar dari silaturahim.org-

-writing challange Agustus-

Single Post Navigation

12 thoughts on “Menjalin Silaturahim

  1. Kebiasaan keluarga saya saling berkunjung saat lebaran. Lebaran ini ada juga acara hala bihalal teman2 SMA, tp saya nggak datang

  2. Menjalin silaturrahim di group masih, sayangnya tahun ini saya absen ikut acara halal bi halal๐Ÿ˜ฆ

  3. Setuju mba, penting~

  4. silaturahmi hrus ttp terjaga. Hellow mbak Ne’๐Ÿ˜‰

  5. sayang kak aku gk ada yg pergi acara halal bin halal

Leave a Reply

