Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Untuk Putri Kecilku, Shakila


Dear Shakila Khairunnisa Nuha

Tak terasa sudah satu tahun usiamu. Mamah sengaja menulis surat ini untukmu di hari ulang tahunmu yang pertama. Tidak ada kado dan hadiah apapun dari Mamah, selain doa yang Mamah panjatkan pada Tuhan. Mungkin kamu akan membaca surat ini saat kamu dewasa kelak.

Shakila Khairunnisa Nuha, ada untaian doa Mamah dan Papah dalam namamu. Meski awal kehamilan Mamah tidak berfikir bahwa bayi yang mamah kandung adalah perempuan, saat itu yang ada di pikiran Mamah itu adalah laki-laki. Makanya mamah tidak menyiapkan nama untuk anak perempuan, yang Mamah persiapkan justru nama anak laki-laki. Shakila yang artinya cantik,Β  Khairunnisa artinya sebaik-baik wanita dan Nuha artinya berakal, mamah berharap kelak kamu akan menjadi wanita yang solekha, pintar dan berilmu yang tentu cantik akan datang dengan sendirinya.

Mengandungmu adalah sebuah perjuangan. Delapan bulan setelah pernikahan, Alloh baru mengirimkanmu ke rahim Mamah. Takjub dan entah perasaan apalagi yang tak terdefinisikan. Jujur, ada rasa takut yang entah kenapa. Tiga bulan pertama kehamilan adalah masa-masa yang cukup berat, kondisi badan seperti tidak stabil, untungnya Mamah tidak merasakan mual-mual ataupun muntah yang berlebihan, hampir jarang sekali terjadi mual, jadi Mamah tidak perlu minum obat anti mual.

Memasuki kehamilan bulan keempat, datang cobaan cukup berat. Pada suatu pagi, menjelang akhir Bulan Agustus 2014, bangun dari tidur dan masih bercanda dengan Papah, tiba-tiba Mamah langsung ambruk. Saat itu bumi terlihat seperti jungkir balik, tempat tidur seperti terbalik sampai Mamah berpegangan erat-erat ke tepi tempat tidur dan berteriak-teriak memanggil Papah, rasanya seperti mau jatuh ke jurang. Setelah dibawa ke dokter ternyata kondisi Mamah drop sampai akhirnya Mamah terkena Vertigo. Kagetlah Mamah, karena seumur hidup Mamah tidak pernah terkena yang namanya Vertigo. Akhirnya dokter memutuskan Mamah harus istirahat total selama satu minggu. Untungnya itu adalah yang terberat sepanjang kehamilanmu. Setelah kejadian itu Alhamdulillah mamah tidak lagi merasakan sakit yang berat. Mamah beraktifitas seperti biasa, berangkat kerja pagi pulang sore, begitu seterusnya sampai usia kehamilan hampir delapan bulan baru mamah cuti.

Setiap interaksi denganmu di dalam perut adalah hal yang sangat menakjubkan saat itu. Setiap gerakmu, setiap denyutanmu selalu mampu membuat Mamah tertawa. Mamah sering mengajakmu berbicara, membacakan ayat-ayat suci, mendengarkan musik bersama dan bercanda dan kamu selalu merespon dengan lembut dan bahkan dengan tendangan kecil.

Sekarang di satu tahun usiamu, kamu sedang berlatih untuk berjalan sendiri, kamu sudah bisa berdiri sendiri dan melangkah satu dua tapak. kamu selalu berjoget saat mendengarkan musik dan lagu. Sudah banyak berceloteh, cerewet sekali seperti Mamah kecil katanya. Kamu juga sudah bisa meniru Mamah membaca, saat kamu pegang kertas atau buku kamu akan berpura-pura membaca, seperti saat Mamah membacakanmu dongeng. Mungkin saat kamu membaca surat ini, kamu sudah mewarisi buku-buku Mamah ya.

Shakila, betapa Mamah berterima kasih padamu, terima kasih sudah hadir dan memberi warna baru di kehidupan Mamah, Papah dan Mba Ivone. Doa Mamah, semoga kelak kamu menjadi wanita yang solekhah, amanah, barokah, pintar dan bermanfaat bagi orang banyak. Aamiin. Tunggu surat-surat berikutnya dari Mamah ya, sayang.

Peluk cium dari Mamah, love U.

 

 

Single Post Navigation

7 thoughts on “Untuk Putri Kecilku, Shakila

  1. Pingback: Jalan Rezeki | Selaksa Kata

  2. Haii Ne…
    Lama tidak berkunjung,,,
    selamat ulang tahun shakila mesti terlambat..
    aku suka sama kta Nuha nya..
    bagus namanyaaa

  3. selamat ulang tahun Shakila (namanya cantik banget), semoga tumbuh jadi anak yang berbakti pada orang tuanya~πŸ˜€

  4. Selamat ulang tahun utk Shakila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: