Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Minuman Bersahabat (Bukan Air Putih Biasa)


Beberapa hari ini saya sedang rutin membawa air putih dari rumah ke kantor, bukan berarti di kantor tidak disediakan air mineral. Tapi, yang saya bawa ini adalah air putih yang saya tambahkan dengan irisan lemon di dalamnya.

Ini berawal dari anjuran Si Partner yang melihat kondisi saya dengan bibir yang kering dan keluhan daerah mulut yang mudah sariawan, tenggorokan juga rasanya kurang nyaman. Pulang kerja Si partner mampir ke toko buah dan membelikan saya lemon beberapa biji yang ternyata lebih mahal dibandingkan jeruk biasa, hehe.

Keesokan harinya baru saya praktekkan, saya isi botol minum 1 liter air putih hangat dengan beberapa irisan lemon untuk saya bawa ke kantor. Saat pertama kali mencoba meminumnya memang rasanya agak gimana gitu, meski saya pecinta minuman jeruk tapi kalau cuma air putih dengan lemon tanpa gula rasanya jadi aneh, hehe. Setelah memaksakan diri untuk tetap meminumnya lama-lama saya menjadi terbiasa dengan rasanya.

Hari pertama memang belum kelihatan efeknya tapi saat hari kedua saya merasakan tenggorokan lebih nyaman, dinding mulut saya yang kalau makan gorengan atau kerupuk bisa sampai lecet-lecet pun tidak terasa lagi, bibir saya yang kering pun berangsur normal. Ternyata bukan cuma itu saja, belakangan ini sebagai bumil (ibu hamil) saya sedang mengalami gangguan pencernaan, saya mulai mengalami susah buang air besar. Memang hal ini banyak dirasakan oleh ibu hamil, itulah kenapa banyak bumil yang juga meminum obat pelancar buang air besar. Beruntungnya saya, belum sampai kontrol ke dokter dan meminta obat semacam itu, tiba-tiba saya bisa buang air besar dengan normal tanpa kesulitan. Alhamdulillah, lega dan senang rasanya tidak perlu menambahkan obat-obatan ke dalam tubuh saya demi si jabang bayi😀

Karena penasaran akhirnya saya coba tanya ke mbah google apa sih manfaatnya air putih dengan tambahan irisan lemon. Ternyata banyak sekali, duh kemana saja saya ini kok sampai tidak tahu hal penting begini, hehe. Beberapa manfaat yang saya dapatkan dari membaca artikel di detik(com) diantaranya bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, menjaga kesehatan pencernaan, membersihkan darah, menjaga kesehatan mulut, mengontrol tekanan darah, membuat perasaan lebih tenang, melancarkan pernapasan, mengurangi racun dalam tubuh, serta mengurangi infeksi. Untuk lebih detailnya silahkan baca artikelnya🙂

Saya kira perlu dicoba juga bagi yang mengalami keluhan seperti saya di atas, semoga berefek postif. Apalagi ini kan minuman yang kita buat sendiri dan terjaga kebersihannya.  Jika air putihnya mau habis bisa ditambah air putih lagi kok, sampai seharian. Selamat mencoba juga dan semoga bermanfaat🙂

 

‘Ne

Single Post Navigation

17 thoughts on “Minuman Bersahabat (Bukan Air Putih Biasa)

  1. Dear Kak ‘Ne.
    Basically, lemon memang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan alkalinya berfungsi seperti pocari sweat.
    Karena saya pecinta teh, jadi saya suka memasukkan irisan lemon dan strawberry ke chinese tea hangat yang saya bawa setiap hari ke kantor.
    Kalau beli lemon di pasar tradisional, biasanya harganya akan jauh lebih murah daripada beli di toko buah / supermarket.
    Minum air lemon hangat dicampur madu juga sangat nikmat.
    Selamat mencoba🙂

  2. Wah, saya ketinggalan info, anak farmasi tapi malah gak tau ada solusi simple semacam ini.
    Saya mengalami kasus yang sama mbak Ne, bibir selalu kering dan pecah-pecah, sering banget kena sariawan (itu terjadi sejak kecil sampai sekarang). Temen-temen saya suka protes dan menyarankan untuk pakai pelembab bibir atau mengolesi bibir dengan madu dan olive oil.
    Saya lebih memilih konsumsi vitamin C 1000 mg (ini berlebihan ternyata), sampai addict klo gak minum vitamin C bakalan sariawan lagi.

    Tulisan mbak bikin saya ingin mencoba juga….😀
    Belum pernah nyoba yang ini, dulu sukanya air putih + jeruk nipis + madu buat bekal naik gunung. Tapi klo hari-hari biasa cuma air putih aja.

  3. hanya ada satu dua orang yang pernah bawa minum seperti ini, tapi itupun kadang-kadang, tidak setiap hari. Kalau saya malah termasuk yang belum pernah🙂

  4. saya minumnya jeruk nipis yang dicampur air Ne.

  5. metamocca on said:

    Aku juga suka bikin, Mba. Infused water. Tambahin timun atau stroberi lebih nikmat.

    Tapi katanya sih, buah2an yang dipilih sebaiknya yang organik. Soalnya pestisida yang nempel dikulit buah itu (katanya) nggak gampang hilang dengan hanya dicuci.

    • Stroberi dicampur aja gitu ya? bisa juga saya cobain hehe

      Iya bener banget ya, lebih baik lagi itu yang buahnya organik. sip terima kasih Mba Met..

      • metamocca on said:

        Iya. Lemon + stroberi. Beuuuhh…. *ngeces*

        Btw, emg kalo lagi hamil boleh ya minum yang asem2?

        • Sejauh ini sih sayanya baik-baik aja mbak hehe.. kalau tidak boleh itu mungkin karena dikhawatirkan bisa bikin asam lambung atau diare. Bisa lihat kondisi tubuh juga kali ya, misal karena memang lagi kurang vitamin c, minum air lemon itu jadi ada efek postifnya.

  6. Semoga manjur
    mau nyoba ach
    Salam hangat dari Surabaya

  7. rekan di kantor juga ada yang minum setiap hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: