Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Aphiphobia


Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan dan kemarahan. (sumber Wikipedia)

Sedangkan phobia, adalah sebuah perasaan takut yang begitu menguasai diri, dan pada saat itu tidak ada usaha perlindungan terhadap diri sendiri. (sumber, Waspada Online)

Pernah merasa takut akan sesuatu? atau malah sering merasa takut? kalau saya iya. Saya memiliki ketakutan pada hal tertentu yaitu takut pada lebah/tawon atau yang biasa di sebut sebagai Aphiphobia. Perasaan takut sampai menjadi phobia tentu karena ada beberapa alasan traumatik yang pernah dialami. Awalnya saya tidak takut sama sekali dengan lebah, sampai saya mencicipi sengatannya dua kali. Yah, bukan hanya sekali saya tersengat lebah.

Pertama kali kejadiannya di kamar saya, kebetulan kamar saya di lantai atas dan di halaman rumah saya ada beberapa tanaman, bunga dan juga pohon. Mungkin itu yah yang membuat lebah betah hilir mudik di area rumah saya, termasuk kamar saya yang sejajar dengan pohon Alpukat. Entah bagaimana awalnya saya juga nggak ingat kok tiba-tiba seekor lebah menyengat tepat di siku saya. Rasanya jangan ditanya, kalau yang sudah pernah disengat lebah pasti tahu deh. Siku saya bengkak setelah beberapa menit tersengat si lebah, dan tentu saja mengganggu gerak tangan saya. Sakit itu saya rasakan sampai beberapa hari, bersyukur tidak terjadi hal-hal yang lebih parah sampai harus dibawa ke rumah sakit. Siku saya hanya diobati dengan minyak tawon, dan sembuh dalam beberapa hari tapi masih menyisakan sakit sedikit. Jadi tidak serta merta sembuh dan urusan selesai, ternyata entupnya si lebah masih tertinggal di siku saya. Akhirnya mau nggak mau saya keluarkan entupnya itu dengan menahan sakit.

Kejadian kedua, saat saya mau mencuci baju. Saya biasa menaruh cucian kotor di keranjang khusus yang ada tutupnya. Terkadang tutupnya itu memang tidak tertutup dengan sempurna, saya tidak tahu kalau ternyata di dalamnya ada lebah. Saya yang dengan santai mengambil baju-baju kotor tersebut tiba-tiba telapak tangan saya terasa panas dan sakit. Waktu saya angkat dan lihat ternyata tangan saya sudah bengkak dan merah-merah, bukan hanya satu tapi ada dua bekas entupan lebah. Kali ini rasanya lebih sakit daripada sengatan pertama di siku, saya sampai menangis dan mamah saya yang kebetulan ada di tempat kejadian langsung ambil bunga-bunga di halaman rumah dan menggosokannya ke telapak tangan saya. Saya nggak tahu apakah bunga-bunga itu menyembuhkan atau tidak tapi memang rasanya lebih baik, mungkin sugesti aja ya. tapi, namanya di telapak tangan sakitnya lebih terasa hehe.

Sejak kejadian berulang itulah saya jadi takut sama lebah, begitu ada lebah masuk kamar langsung saya keluar. Langsung ribut-ribut sendiri, mau keluar kamar aja mesti mengendap-ngendap kayak lagi menghindar dari penjahat. Semua orang di rumah langsung diributin biar ngusir itu lebah. Saya nggak pernah merasa tenang kalau ada lebah hilir mudik di sekitar saya. Saya juga nggak pengen takut terus tapi, perasaan itu tetap menguasai pikiran. Perlu diterapi nih kayaknya.

Kalau teman-teman gimana, ada yang punya phobia juga? gimana menyembuhkannya?

 

‘Ne..

 

 

Single Post Navigation

9 thoughts on “Aphiphobia

  1. Wah,lebah musuh besar saya,perbah di sengat sampai bengkak 3 hari..

  2. Saya juga takut lebah, apalagi lebah disini jumboπŸ˜€ . Sejak suka berkebun saya mulai hilangkan rasa takut pada lebah, krn lebah menguntungkan tanaman dan bunga-bunga saya :smile : . Jika sedang ada lebah melakukan pekerjaannya, paling saya tidak membuat banyak gerakan, pelan-pelan menghindar.

    • sama dong kita mbak, iya saya juga gitu kalau ada lebah sayanya sampai mengendap2 gitu takut dianya stress trus nyerang deh..
      *imajinasi orang takut suka berlebihan:mrgreen:

  3. takut ketinggian…πŸ˜€
    ngatasinnya? gak deket2 pembatas di mall deh. :d

  4. kalau aku takut sama ulta mba, blom tahu sih gmn cara menyembuhkannya, pokonya lari deh kl lihat binatang mungil itu

    • hehe emang yang namanya takut/phobia itu bener2 ya mbak, kadang sampai nggak masuk akal..
      padahal kalo ulat kadang imut ya mbak tampang nya:mrgreen:

Leave a Reply

