Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Jalan-jalan ke Batur Agung


Demi mengisi dahaga blog saya akan tulisan, saya mau pamer acara jalan-jalan saya beserta kenarsisan saya *seperti biasa*

Jadi ceritanya pas libur kemarin saya jalan-jalan ke Batur Agung, entah ada hubungan apa sama Baturraden tapi yang jelas sama-sama di wilayah Purwokerto. Batur Agung merupakan sebuah lokasi wisata alam di Desa Baseh, Kedung Banteng, Purwokerto.

Di Batur Agung sendiri ada arung jeram, area bermain air, area buat outbound dan ada sebagian kecil kawasan hutan purbakala yang dilindungi. Nah hutan ini berisi pohon-pohon besar yang berumur puluhan tahun bahkan ada yang ratusan tahun. Kebetulan saat saya dan ‘partner in crime’ saya masuk ke gerbang hutan, datanglah seorang bapak tua, dia memperkenalkan diri dan menanyakan apa tujuan kami ke sana. Kamipun menjelaskan kalau hanya ingin melihat-lihat koleksi pohon dan jeprat jepret sedikit *yang faktanya banyak juga*

Bapak ini bernama Pak Sarno *kalau nggak salah denger* yang ternyata seorang juru kunci dan petugas dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3). Pak Sarno pun menjelaskan bahwa Hutan Batur Agung termasuk wilayah yang dilindungi oleh pemerintah, dan termasuk dalam pengawasan BP3 Jawa Tengah.

image

Berdasarkan cerita Pak Sarno, di Hutan Batur Agung ini terdapat sebuah petilasan dari jaman Raden Kamandaka. Yang menjadi asal usul dari nama Batur Agung yaitu Batur berarti tempat dan Agung berarti besar. Jadi Batur Agung adalah tempat petilsannya orang besar. Tempat petilasannya Raden Kamandaka yang kemudian mendapat wangsit baju Lutungkasarung.

Kami pun di antar menuju ke ruang petilasan tersebut.

image

Seperti terlihat pada foto di atas. Di dalam ruang petilasan tersebut terdapat beberapa patung, ada juga yang seperti lumpang dan ada banyak sesaji, bunga dan buah-buahan serta sisa-sisa hio yang di bakar.

Suasana di hutan dengan pohon-pohon tinggi dan tanah yang berlumut terasa sejuk dingin gimana gitu *gimana sih bahasanya* hehe. Saya membayangkan berada di dalam hutan Kalimantan:mrgreen: sebenarnya area hutan tersebut tidak terlalu luas, sekelilingnya sawah-sawah dan kolam pemancingan. Tapi masuk ke dalamnya sudah seperti di daerah hutan besar, udara di dalam terasa dingin menyejukkan, tanah dan batu pun sudah berlumut.

image

Bisa dilihat pada foto saya di atas, batu-batu yang saya injak sudah berlumut. Saya duduk di akar pohon besar yang terletak di depan petilasan. Sebenarnya saya sudah tanya nama pohonnya tapi saya lupa mencatat hihi nggak bakat jadi jurnalis nih:mrgreen:

Keluar dari Hutan kamipun melanjutkan perjalanan ke area yang lain. Dengan tiket Rp.10.000 per orang kamipun masuk ke area bermain air, ada Sungai Logawa untuk arung jeram dan juga kolam renang di sisi lain. Ada banyak gazebo juga di sana, untuk tempat berisitirahat. Beberapa gazebo saya lihat sudah di tempati pengunjung yang datang bersama keluarganya. Ada juga seorang fotografer *asli ataupun gadungan* yang jelas kameranya SLR, sedang melakukan pemotretan pada seorang gadis dengan kostum baju renang.

Saya juga donk tidak mau ketinggalan melakukan aksi pemotretan *preeet* meski hanya dengan kamera hape experia semata. Tapi tetep hasilnya oke lah ya. *iyain aja biar cepet selese*

image

Sebenarnya fotonya masih banyak sih tapi cukup sekian saja, biar spacenya muat untuk foto-foto yang lainnya kalau saya jalan-jalan lagi. Kebetulan saya lagi asyik keliling wisata alam sekitar Purwokerto dulu. Ada info tempat yang perlu dikunjungi? bagi-bagi kita donk😀

‘Ne..

Single Post Navigation

54 thoughts on “Jalan-jalan ke Batur Agung

  1. Hwaaaaaaa.. Ne jalan-jalan terusss..😀

    itu foto-fotonya juga bagus-bagusss…

    *iriii😀

  2. wah.. gak ngajak ngajak😀

  3. Kunjungan pertama.. salam kenal😀
    Saya baru tahu ada tempat wisata Batur Agung di Purwokerto, ckckkck.. 4 tahun ini kemana aja ya di Purwokerto😀
    Makasih Infonya ya, tar kalo ke PWT semoga bisa ada kesempatan mengunjungi Batur Agung,, soalnya sering bgt klo ke Baturraden

  4. Liat foto “arca-nya” serasa di dunia lain tapi kalo foto selainnya sih suejuuuk liatnya🙂

  5. Mbak ne, dirikau tjantik bagnet pake hoodie yang dua warna bagus😀

    eehh kok malah fokus ke foto yaa😀

  6. gak ajak-ajak.hikss😥

  7. Tujune ora kesambet nang kana….
    jal nek kesambet, ngko nyampe ngumah nek mangan njaluke kembang mawar karo menyan… wakakakaka…

  8. wah ada petilasannya juga ya🙂

  9. Wow … pohonnya itu umurnya berapa puluh tahu ya mbak, besar begitu, di kampungku sini juga msh byk pohon gede gede

  10. nggak bakat jadi jurnalis ‘ne?
    jadi model aja …bagus banget foto2 dan posenya

  11. Nggak ada keterangan, kalau ke sana naiknya angkot warna apa? Kuning, oren atau biru?
    😀

  12. liat foto2 nya jadi males baca. enakan ngeliat fotonya.

  13. sendirian di hutan apa ndak takut ‘ne ? ada yang lewat githu?
    suka suasana eksotik hutan dan lumut… apalagi ada modelnya😀

    ndak ikut bakar menyan khan ?😛

  14. Enak ya ada gazebo2an gitu, kalo capek ngaso. Bikin foto themanya piknik Ne😊

  15. kayanya sejuk banget tu tempat, tapi narisis’a ini yg ga nahan. hehehe😆:mrgreen:

  16. aku taunya cuma baturraden🙂

  17. cantikkk bang…cew yg di foto sama fotografer (asli atau gadungan) itu pasti kalah sama mbak😀

  18. Indah” tmptnya…

  19. yah, kok foto cewek pake baju renangnya gak ada??
    #disorientasi

  20. Aishh,… cantiknyaaaa😀

  21. Teguh Puja on said:

    Ini modelnya gak nahan ya.😀 hihi

  22. kok kayaknya sepi ya Ne?

  23. Kalo berdua bisa jadi poto prewed keknya. Bagus lokasinya..😀

Leave a Reply

