Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Trivia Angka 8


Seperti orang kebanyakan, saya juga mempunya angka yang disuka dan saya menyukai angka 8.  Jadi saya ingin menceritakan serba serbi angka 8 yang beberapa informasinya saya dapatkan dari sebuah majalah.

Sebenarnya di sekitar kita juga banyak yang berhubungan dengan angka 8 ya, misalnya saja yang berhubungan dengan kesehatan, kita dianjurkan untuk minimal minum 8 gelas air putih dalam sehari. Semua pasti udah pada tahu kan manfaatnya untuk apa, ya tentu agar tubuh kita tidak kekurangan cairan. Karena hampir 80% lebih tubuh kita terdiri dari air, jadi kalo kita kekurangan air maka tubuh akan mengambil persediaan air dari tubuh. Akibatnya kita menjadi lemas dan kulit juga jadi kering. widiihh gak mau kan kulit jadi kering dan cepet keriput:mrgreen:. jadi ayo minimal minum 8 gelas air putih sehari yaa.

Selain tentang kesehatan, ternyata di sebuah perkumpulan negara juga ada tuh yang berhubungan dengan angka 8. Siapa yang tidak tahu tentang G8? yaitu delapan negara maju yang tergabung dalam Group of Eight yang terbentuk pada tahun 1973 saat terjadi krisis minyak. Group ini lebih dikenal dengan sebutan G8, negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Jepang, Britania Raya, Jerman, Italia, Prancis, Kanada dan Rusia. Kedelapan negara ini selalu memberi bantuan untuk negara miskin dan berkembang, biasanya dalam bentuk pinjaman –nah untuk yang satu ini negara kita termasuk yang sering minjem nih :mrgreen:- duh jadi inget utang-utang negara deh😦

Angka 8 juga merupakan lambang kemakmuran. Tentu bukan di negara kita ya, karena lambang ini memang di percaya oleh masyarakat China –juga beberapa negara yang penduduknya keturunan Tionghoa- nah mereka ini cinta banget sama yang namanya angka 8. Angka 8 dianggap sebagai lambang kemapanan/kemakmuran, alasannya, cara pengucapan 8 dalam bahasa China yaitu (ba) terdengar mirip dengan kata makmur (fa) makanya rumah bernomor 8 dipercaya bakal selalu kecukupan dan jarang dapat masalah. Uniknya lagi, sebagian warga China selalu mengusahakan agar angka 8 ada di setiap kehidupan mereka contohnya nomor telepon atau HP, lalu jika ingin mengadakan acara penting atau acara keluarga sebisa mungkin di usahakan tanggal 8.

Ternyata nih, bukan hanya di China aja yang suka dengan angka 8 tapi Jepang juga termasuk fanatik dengan angka ini lho. Dengan alasan yang hampir mirip yaitu pengucapan dalam bahasa. Angka 8 pada Bahasa Jepang  dibaca Hachi yang dalam huruf Kanji berarti kebahagiaan. Hmm kira-kira ada gak ya masyarakatnya yang bikin tato bentuk angka 8😆 Jepang juga termasuk negara tetangga yang saya suka, eh ternyata sama-sama suka dengan angka 8 juga hihi jodoh deh kalo gitu (maksa banget!!):mrgreen:

Lalu dalam Feng Shui juga mempercayai angka 8 membawa keberuntungan. Filosofinya sih katanya karena penulisan angka 8 yang terus menyambung, gak seperti angka lain yang terputus, hal ini di ibaratkan dengan kebahagiaan yang terus menerus dan gak akan berakhir. Makanya para penganut Feng Shui dianjurkan untuk memasukkan angka 8 untuk urusan dekorasi rumah ataupun bisnis, misalnya hiasan dinding yang mirip angka 8, kolam renang berbentuk angka 8, atau menggunakan angka 8 pada nomor rekening atau plat mobil. Lagi-lagi saya gak pake nomor plat yang ada angka 8 karena emang saya belom punya mobil sih:mrgreen:

Tapi selain contoh di atas masih ada juga beberapa hal yang berhubungan dengan angka 8, yang sepertinya kurang kita sadari keberadaannya. Antara lain: ada 8 angka dalam tangga nada (coba aja hapalin sendiri😆 dari do ke do tinggi), lalu dalam permainan bola biliar ada 15 bola dan bola ke-8 adalah bola tengah yang dianggap sakral (saya juga suka nih main biliar tapi di game komputer :mrgreen:), trus dalam permainan Super Mario Bros yang ada hanya 8 dunia (dunia air gak kehitung), dan ada lagi nih sejak Pluto gak lagi dinyatakan sebagai planet maka kini tata surya kita hanya punya 8 planet saja (eits, jangan tanya saya apa aja ya, udah agak lupa soalnya hihi :-D)

Nah begitulah teman-teman sedikit cerita unik tentang angka 8. Terlepas dari itu semua bagi saya pribadi angka 8 hanya sebatas suka dan gak sampai fanatik. Karena saya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini hanya Allah yang mengaturnya termasuk rezeki saya. Tapi kalo teman-teman semuanya ingin berbagi tentang angka lain silahkan, seperti mitos angka 13 misalnya🙂

‘Ne..
*repost dan diedit dari blog lama

Single Post Navigation

48 thoughts on “Trivia Angka 8

  1. Pingback: Delapan Agustus adalah Sejarah | Selaksa Kata

  2. 8 merupakan angka yang tak putus dan kata nya mmg beruntung …. tapi semua nya biarkan Allah yang mengatur

  3. Sedih gak lahir tgl 8 hehe. Lahirnya tgl 4 yg menurut orang2 cina artinya mati huhu

  4. aku suka angka 9,.. karena 9 itu angka yg manteb
    #g_ada_yg_nanya

  5. kalau pluto dinyatakan bukan planet lagi, berarti teteap 9 mbak pernah baca ada 1 planet baru🙂

  6. delapan? Hm.. apa ya.. oh iya saya alumni SMA 8 Jogja.. hehe..
    apa kabar Ne?

  7. Ikbal Rizki on said:

    baru tahu saya tentang angka 8 ini. heu. saya sangat suka angka 13.😀

  8. Kalau di sepakbola, no punggung 8 tuh identik sama pemain tengah yg fungsinya sbg penyeimbang antara lini belakang dan lini depan. Biasanya dipake sama legenda dari klub yg dibela.😀

  9. semua angka baik-baik saja, mereka eksis.. berjajar rapi menjalankan fungsinya masing-masing tanpa merasa lebih….. #opothoiki?

  10. hemm soal angka 8yah hemm tepat banget ma tgl, bulan dan jam kelahiran aku mba 8, tapi kalau pas tangl ma bulan ini aku gak terlalu suka mba karena ntu berarti umur aku tambah banyak ma jatah waktu tinggal tambah berkurang dong huuahh T_T

  11. aku suka angka 8 sama 9 …
    nilai nilai ku dulu di sekolah rata2 8 nyempil angka sembilan😀 ( curhat)

  12. Sya lebih suka angka 7. .

  13. semua angka baik ya mbak, termasuk angka 8

  14. Ternyata banyak keunikan angka 8🙂.

  15. selalu suka sama tulisan Ne…kukasih nilai 8 deh😀

  16. Sama sama bos saya ini mah. Tempat saya nguli, nama perusahaannya ada kata “windu” ditengahnya.
    Salam,

  17. dulu waktu sekolah aku lebih suka dapat nilai 8 ketimbang dapat nilai 9, ga tau kenapa…maunya nilai selalu 8…hahahh

  18. Angka 8 itu kan angka yang habis dibagi 2.
    Dulu waktu kecil saya suka ada kue bolu yang bentuknya angka 8, nah kalau ini gak usah dibagi pun pasti habis saya makan.

  19. angka 8 itu kalo dimiringin 90 derajat jadi kayak bentuk tidak terbatas,, unlimited…😀..
    bener nggak ya mbak ne?.. hihi

  20. aritunsa on said:

    saya suka semua angka yang di depannya ada “$” nya mbak, hihihi #lempar lemper

  21. bagaimana jika nama seseorang diberi nama ‘delapan’😀

  22. wah ini jangan2 ada hubungannya sama release parpol peserta pemilu ya mbak🙂
    btw saya tambahkan lagi keistimewaan angka 8 adalah setiap bulan ada tanggal 8 :0 *ya kan?

  23. angka delapan bagi saya sesuatu banget

  24. kalau Islam, mengenal angka 7, i mean, kebanyakan angka 7🙂
    7 lapis langit, dilipat gandakan 7 kali lipat, sai dan thowaf 7x (eh, iya kan ya? belom pernah umroh :P), dan banyak lagi (saking banyaknya sampe ga tau lagi, hehe)

    aku pun lahir di tanggal 7.
    jadi sangat suka angka 7🙂

  25. Kalo saya sih suka angka 9… karena angka tertinggi itu aja sih.
    Mengenai angka yang sebagian orang menganggap bahwa angka 13 adalah angka keramat. Kalo saya sih, angka “keramat” itu angka 17.

    Kenapa 17…
    Sebagai Muslim, shalat wajib sehari semalam 17 rokaat.
    Sebagai Muslim, turunnya Al Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan
    Sebagai warna negeri ini, meraih kemerdekaan tanggal 17 Agustus

    Hhmm.. apa lagi ya?

  26. Banyak yg bilang 13 itu sial yal.. kl 8 itu angka sempurna

Leave a Reply

