Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Random 2012 (Film)


Seperti yang sudah pernah saya katakan sebelumnya. Selain baca buku saya juga suka banget nonton Film. Tidak selalu harus di Bioskop kadang juga menyewa dvd dan menonton sendiri di rumah.

Di 2012 ini sudah puluhan judul yang saya tonton, dan kebanyakan memang film-film Hollywood. Jujur saja awalnya saya adalah orang yang memandang sebelah mata dengan film-film dari negeri sendiri. Tapi itu dulu saat perfilman Indonesia belum sebagus sekarang. Belakangan saya mulai memberi perhatian dan juga tempat bagi perfilman dari negeri sendiri.

Sebenarnya bukan tanpa alasan kenapa dulu saya kurang menyukai film-film Indonesia. Film-film Indonesia kebanyakan tentang horor yang buat saya nggak banget buat ditonton, judulnya pun sangat konyol dan aneh-aneh. Maaf, tapi ini adalah pendapat saya pribadi yang pada dasarnya juga sangat tidak suka film horor. Film-film cecintaannya pun buat saya biasa aja. Dulu saya sangat berharap perfilman Indonesia akan maju dan melahirkan film-film yang berkualitas, baik dari segi cerita ataupun tekniknya. Tapi sekarang, saya boleh bersenang hati atas kemajuan perfilman di Indonesia. Di tahun ini saja saya menonton beberapa judul dan semuanya tidak mengecewakan. Tapi untuk horornya saya tetap pasang plang BIG NO! *bilang aja penakut Ne*

Sedikit cerita dari film-film Indonesia yang berkesan buat saya. Pertama, film Mama Cake. Kalau kata partner saya kita nonton film ini adalah sebuah kecelakaan, karena awalnya memang datang ke Bioskop mau nonton Tes Pack yang konon katanya juga bagus, eh ternyata filmnya malah sudah turun. Akhirnya kita coba-coba lihat judul lain, waktu itu ada Cinta Di Saku Celana (eh bener nggak sih nulis judulnya) dan Mama Cake. Dua-duanya kok kayaknya nggak banget buat ditontonton ya, saya pikir ah paling masih sama dengan film-film Indonesia yang lain. Tapi tiba-tiba saya tertarik dengan tagline mama Cake The Movie, akhirnya googling saat itu juga untuk mencari tahu tentang isi filmnya. Berdasarkan resensi seadanya karena ini film baru jadi mungkin belum banyak yang mengulas tentang film ini. Akhirnya diputuskan tetap menonton filmnya.

Ternyata Filmnya memang bagus. Menceritakan tentang tiga orang sahabat yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung untuk membeli Cake. Cake yang di pesan oleh Oma dari salah satu tokoh utamanya yang akan meninggal dunia dan permintaan terakhirnya adalah ingin makan Cake dari toko Mama Cake asalnya yaitu di Bandung. Dalam perjalanan itulah kejadian demi kejadian menerpa mereka yang sekaligus menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi mereka. Perjalanan tersebut menjadi semacam perjalanan spiritual, perjalanan yang membuat mereka menemukan apa yang mereka cari dan yang menjadi tujuan dalam hidup. Ceritanya juga sarat dengan pesan moral, yang saya suka itu tentang filosofi gerakan sholat dan juga tentang bahwa ada yang lebih tinggi dari Cinta yaitu Ikhlas. Saya pengen nonton lagi soalnya saya agak-agak lupa dengan filosofinya:mrgreen: Film ini juga banyak sindiran-sindiran halus tentang apa yang terjadi di masyarakat kita. Pokoknya tonton saja filmnya dan nggak ngecewain kok. Yang saya salut juga film ini dibuat oleh salah satu pentolan Prugatory (buat anak metal pasti tahu Band asal Bandung ini) jadi siapa bilang anak metal nggak tahu tentang agama? hehe.

Oke lanjut ke Film berikutnya yaitu Film 5CM. Sebelumnya saya sudah baca bukunya beberapa tahun yang lalu dan buku ini memang bagus, membuat imajinasi saya tentang Mahameru begitu indah. Tentang mengejar impian dan perjuangan mewujudkannya, juga tentang persahabatan.

Biasanya film-film yang diadaptasi dari buku tidak akan sebagus bukunya. Jelas akan ada perbedaan karena ketika kita membaca buku tentu imajinasi kita bergerak bebas, dan imajinasi setiap orang tentu beda-beda. Ketika menonton filmnya ternyata tokoh-tokoh dan suasana yang dibayangkan tidak sesuai dengan imajinasi kita. Saya pikir ini wajar, saya yakin sebelum membuat filmnya mereka pun sudah memikirkan tokoh yang paling tepat untuk mewakili setiap karakter dalam bukunya. Makanya saat menonton film 5CM ini dan mendapati bahwa para pemerannya agak di luar imajinasi, saya tidak bersikap skeptis, saya justru berusaha memisahkan imajinasi saya dengan yang saya tonton dan tidak membanding-bandingkan dengan bukunya. Jadi saya pun menikmati filmnya tanpa merasa kecewa.

Habis nonton film ini pasti rasa nasionalisme kita tergugah kembali hehe. Saya sangat sangat menikmati view saat perjalanan mencapai Mahameru, gilaaaa indah banget dan keren deh pokoknya😀

Film terakhir yang saya tonton itu Habibie dan Ainun. Film ini bahkan masih bersaing ketat merebut penonton dengan 5CM di Bioskop. Film ini berhasil membuat air mata saya mengalir bebas tanpa hambatan.Film ini juga mengajarkan banyak hal, terutama tentang suami dan istri. Bisa jadi referensi nih buat saya hehe. Bakti dan setianya Ainun pada Habibie dalam kondisi seperti apapun itu luar biasa. Memang benar di belakang lelaki hebat pasti ada perempuan hebat juga.

Saya juga suka cara Habibie berkomunikasi dengan Ainun. Cara Habibie memberikan pengertian dan suntikan semangat bagi Ainun itu mirip dengan partner saya, selalu dengan analogi yang masuk akal dan sekaligus menguatkan🙂 contoh saat Ainun merasa lelah dengan keadaan mereka di Jerman dan ingin kembali pulang ke Indonesia, Habibie berkata “Ainun hidup kita ini ibarat gerbong kereta yang melewati terowongan, gelap dan kita tidak akan tahu kapan kita menemukan cahaya. Tapi aku janji akan membawa kita pada cahaya itu” tentu masih banyak yang lainnya, tonton saja filmnya🙂

Nah itu tadi film-film yang berkesan buat saya. Sengaja hanya film Indonesia karena saya sedang merasa berbahagia dengan perkembangan perfilman dalam negeri, saya tidak mau membanding-bandingkannya🙂 Selama ini saya begitu getol dengan film-film barat dan mulai berpikir, kalau bukan kita yang mencintai film kita sendiri siapa lagi yang akan melakukannya? so, jangan merasa rugi membayar tiket Bioskop untuk menonton film karya negeri sendiri yang layak tonton tentunya😀

‘Ne..
-penikmat film yang sedang memulai mencintai film negeri sendiri

Single Post Navigation

33 thoughts on “Random 2012 (Film)

  1. Saya belum nonton semua, kadang ragu mo noton film indonesias.
    jatuhnya kayak FTV. tapi yg di ulas diatas sepertinya diatas rata2 film lain.

    • yah wajar juga sih, saya aja dulu juga begitu.
      memandang sebelah mata dengan film-film Indonesia yang memang hampir mirip kayak FTV, mau nonton di bioskop rasanya sayang..

      Tapi kali ini perfilman kita sudah mula memberikan yg bagus, dari segi tenis/efek juga di 5CM dan Habibie dan Ainun sudah lumayan bagus.

  2. elok46 on said:

    aku lho ndak keturunan nonton 5 cm waktu di jakarta
    wakakakakakka tapi gpp nti pas di kediri ak mau nonton ah🙂

  3. ntn the hobbit 3d mbakkk

  4. yang 5 cm udah baca bukunya waktu SMA, eh pas filmnya ga nonton
    #maleskeluarrumah. haha

  5. Baguslah lau udh mncintai produk film negeri kta ini. .

  6. tapi yang habibir itu reza nya kurang cocok mbak, reza ketinggian, apalagi untuk habibie tua, terus bcl nya itu kechubbyan, *ah terlalu banyak mengkritik ini…* hahaha

  7. Saya masih terkenang film sederhana yg berjudul Republik Twitter…ah, mungkin semata-mata karena saya pecandu twitter juga,,,hehehe
    Salam,

  8. aku kapan bisa nonton semuanya ya ?

  9. Berarti Reza Rahrdian dan BCL sukses ya meranin karakter Pak Habibie dan Bu Ainun. Ah pengen juga nagis nonton pilem ini, tapi keknya pengen baca bukunya dulu deh. Hehehe..😀

  10. Semua belum nonton hiks

  11. waaa… belum dapat nonton 5cm dan Habibi Ainun T_____T

  12. hua asli ntn habibi ainun itu emg ga bs nahan airmata ya ne, tp gw sebel sm iklan nya. Malesin yah -___-

    • Haha iya sih mbak belum bisa nampilin iklannya dalam film dengan cantik dan nggak kelihatan maksa.
      Yah tapi itu sumber dana sih cuma agak kurang cantik aja nampilinnya😀

  13. Kok sang pencerah dan negeri 5 menara tak disebut sebut yah ?

Leave a Reply

