Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Day #4. Meme Song Challenge: A Song That Make You Sad


Sudah hari ke empat rupanya dan setelah kemarin lagu yang membuat saya happy, tema hari ke-4 adalah A Song That Make You Sad. Ada satu lagu yang jika mendengarnya mampu membuat saya ikut merasakan kesedihan dari liriknya. Bukan lagu tentang patah hati, atau dikhianati. Tapi lagu lama dari Sheila On Seven yang berjudul Dan. Saya tegaskan dulu bahwa ini interpretasi saya dari lagu tersebut dan bukan berarti akan sama juga dengan apa yang orang lain rasakan saat mendengarkan lagu ini.

Dan….bila esok…datang kembali
Seperti sedia kala dimana kau bisa bercanda
Dan…perlahan kaupun lupakan aku
Mimpi burukmu…dimana t’lah ku tancapkan duri tajam
Kaupun menangis…menangis sedih
Maafkan aku
Dan…bukan maksudku…bukan inginku
Melukaimu sadarkan kau di sini kupun terluka
Melupakanmu…menepikanmu
Maafkan aku….
Lupakan saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala
Caci maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala

Lirik pada lagu Dan menyiratkan penyesalan yang mendalam dari seseorang yang sudah begitu melukai orang yang dicintainya, meski kesalahan itu tidak dia inginkan. Sudah pasti penyesalan karena melukai orang yang dicintai itu sangat menyiksa batin, dan ini lebih menyakitkan dibanding yang disakiti itu sendiri. Orang yang disakiti suatu saat akan sembuh dengan sendirinya tapi orang yang menyakiti akan selalu dibayang-bayangi rasa bersalah bahkan bisa jadi sampai seumur hidupnya.

Pada lagu Dan ini, dia yang membuat kesalahan sampai meminta dan rela dilupakan, dicaci maki agar kekasih yang disakitinya bisa kembali ceria, dan bersinar lagi hidupnya. Hanya orang-orang yang berjiwa besar yang mampu memaafkan, meski tidak berarti melupakan perlakuan yang sudah menyakitkan, agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Lagu ini juga mengajak kita untuk melihat bahwa kadang yang terluka bukan hanya dia yang di sakiti tapi yang menyakiti pun juga, sama.

Lagu Dan ini pernah menginspirasi salah satu fiksi yang saya buat, saya resapi lagunya dan saya posisikan sebagai dia yang menyanyikan lagu ini. Hingga membuat saya berpikir, saya tidak mau –dan semoga tidak akan- berada di posisi hidup dalam penyesalan karena rasa bersalah.

‘Ne..

-penikmat musik-

Single Post Navigation

13 thoughts on “Day #4. Meme Song Challenge: A Song That Make You Sad

  1. ini juga lagu kenanganku ne’. tapi konteksnya lain, lagu buat nolak cowok tapi supaya jangan sampai kehilangan persahabatan hehehehhe..

  2. Danni Moring on said:

    wah saya suka nih lagu ini..jaman waktu saya SMA nih lagunya,,

  3. Wa.. jadi inget mantan aku mBak ‘Ne… 😥

    Oh ya, mBak. Aku mau ngasih sesuatu buat blog ini.

    Baca ya, di sini

    Ttd,
    ~Ra

    • hihihi pernah bikin salah ya hayoo?

      btw makasih banget ya, kebetulan tadi juga lagi main2 ke blogmu lho.. lagi baca2 eh ada hadiah..

      makasiiih😀

  4. elok46 on said:

    wow
    lamaaaaaa nggaaaak denger lagu ini🙂

    jadul tapi masih enak didengerin🙂

  5. setelah mendengarkan….
    setuju mbak dg pendapat mbak ….

Leave a Reply

