Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Kupu-Kupu Yang Lucu


Tinny adalah salah satu kupu-kupu betina di kawasan Hutan Kencana, tepatnya di Desa Kupu Makmur Bahagia. Tinny memang tidak secantik kupu-kupu yang lain, wajahnya biasa saja, dan sebelah sayapnya cacat, warna sayapnya juga tidak seindah sayap milik Bella, Windy dan Quenny. Tapi tidak ada kupu-kupu di Hutan Kencana yang tidak kenal dengan Tinny. Hampir semua warga di pemukiman itu mengenal Tinny.

Dibalik rupanya yang biasa-biasa saja Tinny disukai banyak teman-temannya karena dia selalu mampu mencairkan suasana. Terutama kupu-kupu yang masih kecil, bagi mereka Tinny adalah kakak kupu-kupu yang sangat baik. Cerdas, ceria dan selalu tersenyum, apalagi jika Ia sudah menyanyi, seluruh penduduk desa Kupu Makmur Bahagia pasti akan terpesona. Karena itulah Tinny tidak merasa rendah diri dengan keadaan dirinya, tetapi dia selalu rendah hati dan tidak sombong.

***

Di musim semi begini banyak bunga-bunga cantik yang bermekaran, saat seperti inilah yang dinanti-nantikan oleh para kupu-kupu di Desa Kupu Makmur Bahagia. Setiap musim semi tiba, saatnya panen madu setelah sekian lama mereka bekerja menebarkan serbuk sari, itu berarti akan ada pesta. Pesta ini diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, yang telah menciptakan kehidupan.

“Kak Tinny, kita bikin apa donk di pesta kali ini?” tanya Lyana si kupu kecil nan imut

“Hmm, kakak juga bingung nih. gimana yang lainnya ada usul gak?” bukannya menjawab malah melempar pertanyaan ke kupu-kupu yang lain.

“Yee, kak Tinny gimana sih ditanya malah balik nanya..” Tinny hanya senyum-senyum gak pakai malu.

“hihi, kita bikin lomba terbang aja yuk? siapa yang paling cepat terbangnya dan sampai digaris finish lebih dulu maka dialah juaranya, gimana?”

Semua kupu-kupu yang berkumpul pun saling pandang, bukan karena mereka takut akan tantangan lomba yang diusulkan oleh Tinny. Bagi mereka itu mudah, tapi tentu tidak bagi Tinny. Tinny pun tahu akan diamnya mereka, Tinny sadar mereka pasti memikirkan tentang dirinya. Tapi dasar Tinny, paling tidak suka dikasihani, dia pun dengan senyum ceria berkata “lhoo kok pada diem gitu? kenapa? apa itu terlalu biasa ya? hehe”

“Bukan Tinny, kita semua justru mengkhawatirkanmu, sayap kamu kan..” Bella, kupu cantik nan anggun itu tidak berani meneruskan kalimatnya. Tidak enak hati.

“Hei, hei.. teman-teman semuanya.. aku baik-baik saja dan aku juga tidak merasa sedih dengan  keadaan sebelah sayapku yang cacat ini” semua menunduk, diam mendengarkan penjelasan Tinny. Tinny pun melanjutkan bicaranya “Kalian tahu? kenapa usulku justru itu? padahal kemungkinannya sangat kecil untuk aku menang, tapi aku hanya ingin kalian tahu, meski dengan sayap cacat aku akan tetap berusaha, meski kemungkinanku untuk menang hanya 0,1% aku ingin kalian memiliki keberanian untuk berjuang. Setidaknya meskipun aku kalah, aku tidak akan merasa seperti pecundang yang menyerah sebelum berusaha”

“Aku ingin kita memberi contoh yang baik bagi generasi kita, agar tidak malas untuk berusaha, ya dalam segala hal. Yang memiliki kekurangan saja mau bersusah payah agar berhasil masa iya yang normal dan memiliki kelebihan bermalas-malasan hehe, mungkin bagi yang lain cacatnya sayapku adalah kekurangan tapi bagiku ini justru menjadi ciri khasku, coba kalau tiba-tiba aku tersesat di desa kupu tetangga kan kalian jadi gampang nyari aku, bilang saja yang sayapnya cacat pasti ketemu hehe” mendengar penjelasan dari Tinny semua kupu pun tersenyum dan menyatakan setuju dengan usul Tinny.

***

Hari yang dinanti pun tiba, semua sibuk mempersiapkan pesta. Siang untuk lomba balap terbang, dan malam untuk perayaan. Meski Tinny menjadi juara paling akhir alias terakhir mencapai finish tapi semua bertepuk tangan untuk memberi semangat pada Tinny hingga berhasil sampai di garis finish. Tinny memang kalah di dalam perlombaan itu, tapi dia sudah memenangkan hati semua kupu-kupu di sana karena telah memberikan pelajaran berharga bagi mereka.

***

‘Ne..

-Belum pernah bikin Fabel, tapi sudah bertekad untuk membuatnya, hanya membiarkan jari jemari menari bersama aksara, dan inilah hasilnya🙂

Single Post Navigation

31 thoughts on “Kupu-Kupu Yang Lucu

  1. Baguuussss… Selalu suka cerita yang ada nilai budi pekertinya🙂

  2. Baguuussss… Selalu suka cerita yang mengandung nilai budipekerti🙂

  3. kemenangan sejati itu justru nampak dari proses, bukan sekedar hasil
    go Tinny!!!

    saya pun harus begitu, jangan kalah sebelum berperang😀

  4. keren mbak ne fabel na… kupu2 yang tak pantang menyerah yaa, cemungguut yaa tinny😀

  5. “Aku ingin kita memberi contoh yang baik bagi generasi kita, agar tidak malas untuk berusaha, ya dalam segala hal.

    *Salam kenal yah..

  6. Jadi ini fabel perdana?

    Sudah bisa kunikmati dengan baik kok Ne🙂

  7. wah bagus kok mbak ne.. cocok dijadiin dongen anak2

  8. lozz akbar on said:

    percaya dengan kemampuan diri, belajar dan berusaha,.. biar nasib Sang Khalik yang tentukan.

    Desa Kupu Makmur Bahagia? kalau enggak salah kepala desanya bernama pak Abdul Haris Butterfly ya mbak Ne🙂

  9. semangatlah terus Tinny…hehee

  10. laik this yooo
    kerenn
    akumah nyerah kalau suruh bikin fabel…

  11. bagus ada cerita kupu2nya ada pesan didalamnya
    Hebat Tinny dengan segala kekurangan yg dia punya, dia selalu tetap berusaha😀

  12. Pesan ceritanya bagus🙂
    jadi malu deh sama Tinny sama Kamu, blm nulis fabel😀

  13. inspirativ,….
    bagus…..menggugah semangat.
    kekurangan yg ada bukanlah penghalang unt terus maju n unt berbuat yg lbh baik lg…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: