Selaksa Kata

Curahan kata yang berpendar di dalam kepala

Melangkah Dengan Nyaman


img_20160105_075205-picsay.jpg

Kemanapun tujuannya, pastikan langkah kita harus nyaman terlebih dahulu. Jika langkah kita sudah nyaman niscaya akan lebih mudah untuk sampai pada tujuan. Saat kita harus pergi kemanapun tentu kita menggunakan alas kaki, entah itu sepatu atau sandal. Sebelum pergi kita tentu menyesuaikan sepatu atau sandal apa yang akan kita pakai, yang cocok dan terutama yang nyaman. Seperti apa sepatu/sandal yang nyaman? yang tidak menyakiti kaki saat melangkah, tidak membuat lecet, tidak terlalu kekecilan dan tidak terlalu kebesaran, agar tidak menghambat langkah kita nantinya.

Bagi saya pribadi nyaman menjadi pilihan utama, dan jujur saja sandal/sepatu hak tinggi tidak pernah bisa membuat saya nyaman. Makanya sepatu dan sandal hak tinggi saya semuanya rusak hanya karena tidak pernah dipakai. Akhirnya sekarang saya tidak pernah membeli jenis hak tinggi lagi hehe. Kebetulan saya kerjanya di bagian back office jadi tidak harus menggunakan sepatu hak tinggi tapi sepatu flat biasa. Kalau untuk bepergian jauh saya lebih nyaman menggunakan sepatu daripada sandal, dan sepatu andalan saya adalah Converse Chuck Tylor All Star Shiny Stars HI warna Emerald Gold. Sepatu ini dibeliin sama si partner bukan dalam rangka apa-apa kayaknya waktu itu saya agak lupa hehe. Saya memang suka dengan sepatu jenis sneakers gitu, dan kenapa si partner memilihkan sepatu itu buat saya ya karena bagus dan unik aja katanya😆 eh tapi karena saya memang suka. Selain itu karena Si partner sendiri pecinta Converse jadi saya dan anak-anak pun ikutan pula.

Tidak mau membahas soal sepatu di atas lebih jauh, intinya jika kita sudah suka maka kita akan nyaman menggunakannya, jika sudah nyaman maka kitapun akan melangkah dengan mantap dan yakin. Begitu juga dalam kehidupan, kemana kita akan melangkah dan dimanapun tujuannya kita harus memikirkan matang-matang apa yang harus dipersiapakan sebelum terlanjur melangkah. Misal jika kita akan menikah, sebelum kita melangkah menjalani pernikahan pastinya terlebih dahulu kita harus menemukan pasangan yang pas dan yang membuat kita merasa nyaman. Nyaman dalam hal ini tolak ukurnya tergantung setiap pribadi masing-masing yah, tapi yang penting juga adalah yakin. Ketika sudah merasa nyaman dan yakin dengan langkah yang kita ambil, apapun rintangan di tengah jalan akan bisa dihadapi dengan baik dan semoga sampai ke tujuan. Ibarat sepatu, partner yang membuat nyaman juga sangat penting saat kita akan melangkah dalam pernikahan. Jangan sampai salah pilih dan jangan ragu, penting juga mendengarkan pendapat orang-orang terdekat kita terutama orang tua.

Jadii, sudah siap melangkah?

 

‘Ne

#30HariMenulisAgustus hari ke-12

*foto diambil oleh si partner

Hari Perenungan


Delapan Agustus, tanggal dimana pertama kali saya mengenal dunia. Saya terlahir dari seorang perempuan yang sangat keibuan. Perempuan yang mendedikasikan seluruh hidupnya demi keluarga. Barangkali memang seperti itulah seorang Mamah.

Ada beberapa kisah berkesan yang saya dengar dari Mamah tentang saya di masa kecil. Saya adalah anak perempuan yang sudah begitu didambakan oleh Bapak dan Mamah. Sebelum saya lahir Mamah sudah terlebih dahulu melahirkan anak laki-laki, usia saya dengan kakak terpaut cukup jauh karena sebelum ada kakak saya, Mamah sudah dua kali mengandung dan keduanya keguguran. Jadi kakak saya adalah anak ketiga, setelahnya Mamah kembali harus kehilangan dua kali lagi sehingga kakak saya seperti anak tunggal.

Sampai usia kakak saya menginjak umur 6 tahun Mamah belum juga ada tanda2 hamil sampai akhirnya berniat untuk mengadopsi anak. Saat niat itulah Mamah saya justru dinyatakan hamil, yang kemudian lahirlah saya. Bukan main bahagianya Bapak dan Mamah saya saat itu. Terutama Bapak yang memang sudah sangat mendambakan untuk memiliki anak perempuan.

Saat umur saya 2,5 tahun hobi saya adalah memanjat pohon jambu depan rumah. Dengan hanya menggunakan kaus dalem singlet dan celana hampir setiap hari saya main di atas pohon jambu tersebut. Saat itu saya memang sudah memiliki adik perempuan jadi Mamah lebih banyak mengurus adik bayi dan saya yang sudah hisa main sendiri dibolehkan memanjat pohon jambu. Setiap ada yang lewat dan menegur atau menasihati saya untuk turun dari pohon pasti orang tersebut saya pelototin habis2an haha. Saya tidak mau disuruh turun, saya justru selalu membawa bantal saat naik dan saya gunakan sebagai alas duduk di dahan pohon jambu. Herannya saya sama sekali tidak digigit semut atau ulat, entah kenapa apa mereka pun sayang sama saya😀

Sekarang kelakuan saya saat kecil menurun pada putri kecil saya, Shakila. Shakila sekarang lagi suka memanjat apa saja, kursi, meja, rak buku dan apapun itu yang bisa dia panjat, tentu saja kelakuannya sering membuat saya jantungan.

Tidak terasa, sudah berpuluh-puluh tanggal 8 Agustus saya lewati. Dengan segala indah dan tak indahnya kehidupan yang saya alami, saya patut untuk bersyukur. Sangat bersyukur dengan semua yang pernah terjadi dan saya lewati hingga detik ini. Jika selama ini Mamah dan Bapak yang sudah mengorbankan segalanya demi saya, maka sudah sepantasnya kali ini saya yang harus berbuat sesuatu untuk mereka. Sekecil apapun adalah kewajiban saya membalas jasa mereka dan sebesar apapun tidak akan pernah tuntas saya membalasnya.

Karenanya di hari ini, hari di mana saya dilahirkan,hanya doa yang saya panjatkan pada Alloh SWT, semoga kedua orangtua saya senantiasa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beribadah lebih banyak, lebih khusyuk dan segera dapat ke rumah Alloh SWT. Aamiin.
Untuk saya pribadi, semoga saya mampu memanfaatkan sisa usia untuk lebih bermanfaat agar menjadi berkah untuk semuanya. Aamiin.

#30HariMenulisAgustus Hari ke 8

‘Ne

Currently Reading


image

Seperti yang sering saya sampaikan, kalau waktu untuk saya membaca buku sekarang sangat terbatas. Harus mencuri-curi kesempatan yang ada. Tapi saya berusaha paling tidak seriap hari harus membaca, meski hanya berapa halaman. Iyalah, membaca itu sudah menjadi kebutuhan buat saya, sama halnya dengan makan, otak dan pikiran saya juga butuh nutrisi.

Kalau dulu saya pernah cerita, membaca buku diantara sela2 waktu menunggu jam buka kantor, sekarang beda lagi. Setelah Shakila lahir saya tidak bisa lagi ikut berangkat ke kantor berbarengan dengan suami, satu jam lebih awal sebelum buka kantor saya. Saya harus mengurus Shakila terlebih dahulu, jadi saya berangkat kantor maksimal saat jam masuk -kantor saya berjarak kurang lebih 500m dari rumah- jadi sudah tidak ada waktu lagi membaca buku sebelum masuk kantor.

Tapi dengan rutinitas baru saya, setiap hari saat jam istirahat saya pulang untuk menyusui, nah saat menyusui itu biasanya saya sembari membaca buku, yah itu tadi meski hanya berapa lembar atau bahkan hanya satu lembar saja, itu juga kalau shakila menyusui sambil tertidur. Kalau dia lagi mau becanda yasudah saya pending lagi acara membacanya.

Nah hubungannya apa dengan gambar di atas? Itu dia, berhubung waktu saya untuk membaca buku yang ala kadarnya jadi banyak bacaan yang tertunda untuk diselesaikan. Alasannya ya karena saya kelamaan menyelesaikan satu judul buku untuk dibaca sedangkan saya sudah beli buku baru lagi😀 jadi kalau baca suka gampang berpindah sebelum satu buku selesai.

Lima buku di daftar yang ada di gambar itu adalah buku-buku yang sedang saya baca dan belum juga selsesai😀 ada yang sudah saya baca satu tahun lebih loh dan tak kunjung padam selesai.
1. 47 Ronin
Belum selesai dengan alasan sedikit bosan hehe, padahal ceritanya bagus. Tapi saya kalau sedih jadi agak lama bacanya haha alasan macam apa ini ya =)
2. Inferno by Dan Brown
Belum selesai karena bukunya memang tebal 642hal dengan isi cerita yang lumayan bikin kening berkerut hehe. Membuat saya dengan mudah sesekali berpaling ke buku yang lebih tipis dan menggoda untuk dibaca, komik misalnya😀
3. The Chronichel Gazi 2 by Felix xiuw
Tidak jauh beda dengan alasan sebelumnya, meski saya bertekad harus menamatkan buku ini. Karena isi ceritanya tentang sejarah islam dan saya memang suka sih dengan cerita sejarah.
4. Sepotong Hati Yang Baru by Tere Liye
Buku ini baru berapa cerita yang saya baca, tapi sekarang bukunya sedang dipinjam oleh teman.
5. Sukuh by Rizky Ridyasmara
Ini dia buku yang baru banget saya baca, sepertinya buku ini akan saya baca dulu sampai selesai. Buku dengan kisah sejarah Indonesia selalu membuat saya tertarik.
6. Buku-buku lain yang masih terbungkus rapi dan menunggu untuk dibaca, tidak bisa disebutkan satu persatu😀

Kalau temen2 yang lain bagaimana? Adakah buku-buku yang belum selesai dibaca?

#30HariMenulisAgustus Hari ke 7

‘Ne

Selamat Ulang Tahun, Bapak


SELAMAT ULTAH AYAH

Bagi saya Bapak adalah sosok yang cool, bukan tipe bapak yang romantis tapi saya tahu beliau sangat sayang pada anak-anaknya. Tidak terlalu pandai mengekspresikan rasa sayangnya seperti ekspresinya terhadap cucu-cucunya. Bapak adalah pekerja keras bukan pemalas, bahkan setelah masa pensiunnya bapak masih saja aktif diberbagai kegiatan di masyarakat. Dianggap sebagai tokoh masyarakat tidak membuat bapak menjadi sombong, bahkan beliau tetap mau membantu orang lain.

Kesibukan Bapak melebihi sibuknya anak-anaknya hehe. Ada saja kegiatan yang bapak ikuti. Menjadi ketua komite SD setempat, menjadi pengurus Pamsimas program perairan desa, hampir selalu ditunjuk menjadi pengawas pembangunan desa, dan masih banyak lagi. Meski di usianya yang tidak muda lagi tapi beliu masih saja produktif. Selain kegiatan-kegiatan tersebut bapak juga sesekali membuat karya kerajinan dari kayu. Bapak bisa membuat Almari, Rak buku, Kursi, Meja dan lain-lain. Paling tidak isi rumah penuh dengan hasil kerajinan bapak, lumayan jadi nggak perlu beli hehe. Saya pikir itu lebih baik untuk mengisi masa pensiun agar tidak stress dan jenuh.

Hobi bapak yang lainnya adalah Memancing, tapi bapak tidak suka memancing di pemancingan. Bapak lebih suka memancing di sungai atau ke laut sekalian. Memancing berangkat malam pulang dini hari, tentu saja tidak sendirian ada banyak teman-temannya sesama pemancing yang ikut serta. Apalagi kalau memancingnya di laut, biasanya rombongan. Bagi saya bapak itu serba bisa deh hehe.

Kesamaan Bapak dengan saya adalah sama-sama terlahir di Bulan Agustus, dan tepat hari ini, Tanggal 06 Agustus 2016 bapak berulang tahun. Banyak doa teriring buat Bapak, semoga selalu diberi kesehatan agar selalu bisa melangkahkan kaki sholat di Mushola, agar bisa lebih banyak lagi membantu orang lain. Semoga dosa-dosa Bapak semakin berkurang seiring berkurangnya sisa usia, dan sisa usia menjadi semakin bermanfaat dan berkah. Aamiin.

Mohon doanya juga ya untuk Bapak saya🙂 terima kasih sebelumnya.

 

#30HariMenulisAgustus Hari Ke-6

 

‘Ne

Aplikasi Smartphone Yang Sering Digunakan


screenshot_2016-08-05-12-18-59.png

Bicara tentang aplikasi di smartphone pasti banyak sekali yah. Apalagi hampir semua smartphone menggunakan Android yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang bisa kita unduh sesuai kebutuhan kita. Ada begitu banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kita gunakan dan manfaatkan secara gratis. Saya sendiri ada beberapa aplikasi yang hampir selalu saya unduh setiap kali berganti smartphone. Bisa dilihat pada gambar di atas ada beberapa aplikasi di tampilan depan tab saya hehe.

  1. BBM

BBm ini jelas sudah jadi aplikasi wajib buat saya, fungsinya jelas semua sudah tahu. Selain bisa untuk berkomunikasi dengan teman, saudara dan konsumen, BBM masih cukup ampuh untuk berjualan. Eits, tapi bukan dengan BC karena saya hindari sekali menawarkan dagangan dengan BC karena takut mengganggu dan saya kira kurang efektif. Biasanya saya update produk di BBM. Saya memiliki dua akun BBM dalam satu ponsel, sekarang sudah banyak juga aplikasi yang mendukung, BBM khusus untuk saya jualan, jadi isinya memang kontak mereka para konsumen dan sesama penjual juga. BBM kedua adalah BBM saya pribadi yang isinya rekan kerja, sahabat dan saudara untuk berkomunikasi dan silaturahim seperti biasa.

2. WhatsApp

Kalau WhatsApp atau singkatnya WA ini hampir sama sebenarnya fungsinya dengan BBM, tapi kalau untuk sharing gambar di WA lebih bagus kualitasnya daripada menggunakan BBM. Hampir kebanyakan grup2 yang saya ikuti juga ada di WA.

3. Instagram

Intagram juga saya memiliki dua akun, 1 akun jualan dan 1 akun pribadi. Jadi sudah bisa di pastikan kalau akun IG @shakila_nuha isinya adalah semua update produk-produk dari jualan saya.

4. Aplikasi Foto : Photogrid dan Picsay

Nah untuk aplikasi foto begini, saya butuh banget untuk edit foto produk -bukan untuk edit foto selfie karena saya tidak terlalu suka foto selfie hehe- Sering kali saya harus memberikan keterangan produk, nama dan di kolase fotonya. Jadi yah aplikasi ini wajib ada buat saya, tidak harus Photogrid dan Picsay sih, ada banyak aplikasi foto lainnya sebenarnya. Tapi yah karena udah kebiasaan aja sih pakai aplikasi tersebut.

5. IQuran

Meski jarang dibuka *Astaghfirullah* setidaknya saya ingat Al Quran kalau lihat aplikasi ini, dan tentu saja jadi ingat kalau saya punya resolusi ke 3 tentang harus lebih banyak baca Al Quran🙂

6. WordPress

Berhubung saya ngblognya di WordPress dan untuk lebih memudahkan dalam memonitor blog saya pasang aplikasi ini. Meski pernah vakum ngeblog lamaa banget tapi aplikasi ini tetap saya pertahankan, dan memang cukup ampuh sebagai pengingat kalau saya ini punya blog yang sudah terbengkalai dan harus segera dipelihara kembali. Tapi masih belum pernah saya posting melalui aplikasi ini, baru sekedar bikin draft saja untuk kemudian saya lanjut di PC atau laptop.

7. Goodreads

Sebagai pecinta buku *ngakunya* kurang afdol rasanya kalau saya tidak punya akun di Goodreads. Dari Goodreads saya bisa update buku-buku baru dan juga baca-baca resensi dari para reader lainnya. Bisa juga ikutan reading challange tiap tahunnya, meski setiap tahun ikutan tapi belum pernah tembus target membaca😆 Berhubung waktu saya untuk membaca buku sudah banyak tersita, tapi tetap saja nekat ikutan reading challange, sekali lagi biar saya selalu ada motivasi untuk membaca buku.

8. Shopee ID

Ini dia aplikasi baru yang nangkring di halaman depan tab saya, yup Shopee ID. Awalnya saya bikin akun ini bukan karena saya gila belanja online, justru sebaliknya saya butuh untuk berjualan hihi. Karena Shopee ID memberikan fasilitas free ongkir seluruh Indonesia bagi pembelinya. Tentu saja hal ini cukup membantu untuk saya, kalau pembelinya dari luar pulau jawa yang terkadang ongkirnya cukup mahal. Terkadang suka kasihan juga sih kalau mereka jauh-jauh beli 1 atau 2pcs tapi ongkirnya sama dengan harga produknya hehe. Tapi, memang ribet banget sistemnya, cuma lebih aman jadinya.

10. Facebook dan Twitter

Facebook masih jarang dibuka, adanya update otomatis postingan dari WordPress dan Goodreads, begitu juga dengan Twitter hehe. Kalau Twitter masih mending sering saya buka-buka sekadar melihat-lihat linimasa.

Nah itu dia aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone saya. Masih ada sih aplikasi lainnya yang tidak terlalu berfungsi buat saya, tapi karena aplikasi bawaan jadi susah untuk dibuang. Kenapa tidak ada aplikasi game? karena saya kurang suka main game dan satu-satunya game yang saya suka itu sudoku fun haha. Kalau aplikasi teman-teman apa saja nih? yuk sharing-sharing, barangkali samaan kita🙂

 

#30HariMenulisAgustus Hari Ke-5

‘Ne

 

Post Navigation